ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

ALHAMDULILLAH SALAWATULLOH WASALAMUHU ‘ALA ROSULILLAH SAW.

Bersama rasa syukur kami kehadirat Allah SWT. Sholawat beserta salam teruntuk Baginda Agung  Rosulillah Muhamad  SAW. 

Dalam kesempatan mulia & penuh barakah ini, Perkenankan kami atas nama pribadi maupun pimpinan & sivitas akademika STAI Salahuddin Pasuruan dengan rasa bahagia mengucapkan Selamat kepada para wisudwan baik dari Prodi PAI, Perbankan Syariah, para orang tua, dosen, karyawan, penyedia beasiswa, & keluarga besar wisudawan.

Hal yang tidak kalah penting, Saya juga ingin sampaikan terimakasih & penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pendidik & tenaga kependidikan  STAI Salahuddin atas totalitas, komitment, profesionalitas & keikhlasannya dalam melaksanakan tugas serta melayani mahasiswa hingga sukses menyelesaikan studinya. Juga untuk orang tua, segenap Pengurus Yayasan 1926, segenap Pengurus PCNU Kab. Pasuruan, khusunya Kopertais wilayah 4 surabaya atas semua service, supervise & pendampigannya kepada kami.  Penyedia beasiswa, mitra kerjasama baik dari berbagai institusi pendidikan tingkat SLTA, Perguruan Tinggi, Perbankan,  maupun perusahaan, para ulama & Kyai dari berbagai Pondok Pesantren atas kerjasama, motivasi & doanya.

Hadirin yang berbahagia,

Saat ini dengan perkembangan teknologi informasi yang bersifat eksponensial, & masuk pada era disrupsi (disruption). Seperti yang telah dibuktikan oleh Peter Diamandis & steven Kotler dalam bukunya abundance the future is better than you think 2012, bahwa kemajuan teknologi itu bersifat exponential melalui beberapa tahapan yang disebut sebagai sixdy of exponential growth dimulai dengan digitalisasi, desepsi, disrupsi, dematerialisasi, demonetisasi & sampailah pada tahapan terakhir (demokratisasi). Pada puncaknya karena semua berkelimpahan, maka semua harga ketika tidak gratis maka minimal murah. Nah pada saat ini akan masuk era yang disebut era abundance.   Era ini diprediksi oleh Rai Kurzwell (seorang jenius MIT), yang diantara 150 prediksinya, 126 sudah terjadi bahkan lebih cepat. Menurut prediksi Rai Kurzwell era abundance ini, akan terjadi pada tahun 2035 s.d 2040, 17 tahun s.d 22 tahun yang akan datang. Saat era ini terjadi & masuk di dunia kita, maka banyak pekerjaan pekerjaan dari seluruh pekerjaan yang ada, akan muncul 65% pekerjaan baru yang belum kita kenal saat ini. Maknanya.akan terbuka pekerjaan pekerjaan baru bagi kita, namun disisi yang lain, akan banyak pekerjaan yang kita kenal akan lenyap tidak kita jumpai lagi. Makna positifnya, saat itu akan ada total 65% peluang pekerjaan baru bagi manusia manusia tertentu yang akan mengambil di zaman abundance itu.

Hal penting di era ini adalah peluang apa yang akan hadir, apa saja yang perlu kita siapkan untuk menangkap peluang di era abundance itu, lalu apa saja efek sampingnya?

Para wisudawan rahimakummullah,

Manusia yang dapat menjawab fenomena tersebut adalah manusia yang memiliki pandangan hidup khusus, yang mampu menyeimbangkan antara hard skill & soft skill, manusia yang cerdas & bermartabat, manusia yang mampu menggunakan advance breince sekaligus hati & jiwa yang bersih, yang cerdas secara emosi, spiritual & sosial. Dan insyaallah yang termasuk kelompok manusia itu adalah mereka yang saat ini, hari ini, detik ini di wisuda di hadapan saya. Generasi yang memiliki excellent character. Generasi yang lahir dari perguruan tinggi organisasi besar Nahdlatul Ulama (STAI Salahuddin Pasuruan). yang Alhamdulillah bertkat rahmad & ridho Allah serta atas kehendaknya, tepat dihari jadi Nahdhotul Ulam pada tanggal 31 januari 2018 telah mampu berkembang sebagai ITSNU (Institut Teknologi & Sains Nahdhatul Ulama) dengan 7 Program Studi barunya. Berdasarka SK Menristekdikti no……….

ITSNU & STAI Salahuddin ini hadir di tengah masyarakat dalam rangka memenuhi  ekspektasi imasyarakat Muslim Indonesia, khususnya warga Nahdhiyyin, akan institusi pendidikan tinggi Islam yang tidak hanya memiliki competitive advantages dan comparative advantages dalam berbagai aspek sains & teknologi, namun juga memiliki reputasi sebagai center of the since & Technology production. Juga excellent character constructions (Islam Kaffah) yang mampu mengintegrasikan nilai-nilai akademik ilmiah dan agama. Sehingga dapat menjadi Oase Ilmiah Integratif di tengah-tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi global serta pembentuk profesionalis berkarakter santri. Dalam desain sinergi pendidikan tinggi & pesantren, untuk mewujudkan development inetgratife between Islam, since & technology 

Hadirin yang berbahagia,

Dalam desain pendidikan integrative kita ini, bukan semata mempersiapkan ilmuwan & teknokrat. Namun melalui pendidikan integrative ini, akan kita lahirkan ilmuwan & teknokrat yang faqqih fiddiin. Karena melalui sinergisitas ini dapat tercipta keseimbangan ranah keilmuan (knowladge, skill & attitude) yang mampu menjadi alternatif solusi atas problem bias pendidikan bangsa. Pesantren Salaf merupakan pendidikan indegenius Islam Nusantara yang exsis dalam melestarikan nilai-nilai ulama’ salafussholeh yang menjunjung nilai-nilai keikhlasan, menanamkan nilai-nilai kejujuran, kemandirian, amanah,  tawadhu’, tadhorru’, tawasut, i’tidal, tawazun, istiqomah yang tercermin dalam nilai-nilai santri salaf yang dikembangkan dalam model pendidikan pragmatis bersahaja melalui penguatan Iman, Islam & Ihsan dalam ranah filosofis nilai-nilai pendidikan tasawuf melalui pengembangan ilmu sebagai fadzilaturrob/al ‘ilmu nur yang diperoleh dengan penjagaan tazkiyatunnafs, dan diambil dalam bingkai niyat yang kuat yakni likhosyatillah (mencari ilmu hanya semata-mata takut & mencari keridoaan Allah swt)

Hadirin yang berbahagia,

Melalaui model integrasi (sinergisitas) ini, akan kita lahirkan alumni-alumni  mahasiswa, yang memiliki broad knowledge, qualification skill, mature  professionalism yang didapat dari pengembanga kurikulum & tradisi akademik pendidkan tinggi, serta  noble morality, & deep spirituality yang diperoleh dalam pengembangan pendidikan kontruktif dari pesantren.

Hadirin yang berbahagia,

Demikian yang dapat saya sampaikan. Tak lupa doa munajat kami untuk segenap wisudawa, semoga ilmu yang Anda peroleh memiliki nilai & arti untuk masyarakat bangsa sebagai konstribusi positif atas segala musykilah yang saat ini menjadi amanah kita bersama.Sukses selalu & jaga selalu almamater kita tercinta STAI Salahuddin Pasuruan.

 Demikian mohon maaf, doa para masyayih, ulama, para kyai & para hadirin kami harapkan semoga institusi ini dapat berkembang sesuai keinginan kita bersama.

WALLAHULMUWAFIQ ILA AQWAMITTHORIQ,

WASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.