Visi

Menjadi  Program  Studi  Desain  Komunikasi  Visual  yang  mampu menghasilkan SDM profesional dan kompetitif, berbudi luhur dan berkarakter ahlussunnah  waljamaah,  adaptif  dan  inovatif  pada  tahun  2027  di  wilayah Pasuruan melalui penerapan ilmu dan teknologi

Misi

a.    Menyelenggarakan program pendidikan Desain Komunikasi Visual, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang menunjang industri kreatif yang terkait dengan bidang keahlian.

b.    Menciptakan   lingkungan   yang   kondusif   bagi   pelaksanaan   kegiatan belajar mengajar yang  efisien dan efektif sehingga  diharapkan mampu menghasilkan lulusan S.1-PSDKV yang kreatif dan inovatif.

c.    Mengupayakan keterkaitan dan relevansi sel uruh kegiatan akademis S.1- PSDKV dengan landasar berfikir ahlussunnah wal jama’ah dalam rangka membentuk manusia yang berbudi luhur dan berakhlakul karimah.

d.     Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak  terkait, terutama dengan pihak lingkungan Industri kreatif, baik di dalam maupun di luar negeri.

 

Tujuan

 

Dari  gambaran  visi  dan  misi  tersebut,  maka  Program  Studi  DesainnKomunikasi Visual ITSNU Pasuruan bertujuan untuk

1)     Terselenggaranya program pendidikan Desain Komunikasi Visual, penelitian,   dan   pengabdian   kepada   masyarakat   yang   menunjang industri kreatif yang terkait dengan bidang keahlian .

2)     Terciptanya lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang efisien dan efektif sehingga diharapkan mampu menghasilkan lulusan S.1-PSDKV yang kreatif dan inovatif.

3)     Terwujudnya keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis S.1 – PSDKV  dengan  landasar  berfikir   ahlussunnah  wal  jama’ah   dalam rangka   membentuk   manusia   yang   berbudi   luhur   dan   berakhlakul karimah.

4)     Terlaksananya   kerjasama   dengan   berbagai  pihak   terkait,   terutama dengan pihak lingkungan Industri kreatif, baik di dalam maupun di luar negeri.

 

  1. Pengembangan Keilmuan

Desain komunikasi visual merupakan bidang keilmuan yang terbangun oleh kerangka keimuan secara multi-disiplin   yang   berawal   dari   ranah   seni   rupa   dan   desain.   Namun,   dalam   perkembangan keilmuannya desain komunikasi visual tidak saja berfokus pada keilmuan seni rupa dan desain namun telah  membentuk  dirinya  sendiri  dengan  beririsan  dengan  disiplin  keilmuan  komunikasi,  psikologi, antropologi, sosiologi, kebudayaan dan perkembangan teknologi.

Program Studi DKV memliki keunggulan posisi dibanding program studi lainnya,  sebab program  studi DKV pengembangkan keilmuan yang mempersiapkan lulusan yang tidak hanya mampu dibang Desain Komunikasi Visual juga dapat menjadi entreprenuer atau wirausahawan mandiri pencipta lapangan kerja yang mendukung pengembangan industri kreatif di Indonesia, misalkan dengan mendirikan Visual Communication Design Consultant, Designer Film dan TV, Printing, Exhibition, Multimedia, Illustrator, dsb.

Prodi Desai Komunkasi Visual ITSNU Pasuruan bmemiliki keunggulan adalah megedepankan teknologi dan perkembangannya dengan keunggulan muatan Lokal Pasuruan dimana pengembangan prodi DKV diharapkan:

  1. Menghasilkan lulusan DKV yang profesional, mandiri, bermartabat, inovatif serta mampu bersaing di bidangnya khususnya bidang seni desain dan komunikasi visua
  2. Terciptanya suasana akademik yang berkarakter religius berasaskan ahlusunnah waljamaah
    1. Kajian capaian pembelajaran

Capaian  Pembelajaran Program  Studi  Desain  Komunikasi  Visual  ITSNU Pasuruan,  secara  umum  membekali kemampuan yang bersifat pengetahuan, kreativitas, ketrampilan, kompetensi pendukung dan kompetensi soft-skil. Kajian Capaian Pembelajaran pada Prodi DKV diharapkan dapat:

  1. Memecahkan suatu  masalah  melalui  pendekatan  keilmuan  desain  komunikasi  visual    yang  meliputi bidang   Komunikasi   Grafis,   Komunikasi   Multimedia,   dan   Komunikasi   Visual
  2. Merancang dan  mengembangkan    kompetensi  profesi  bidang  sain  komunikasi  visual secara mandiri (individual) maupun bersama-sama (team work )
  3. Merancang dengan  landasan  prinsip  desain  yang  efektif  dan  komunikatif  serta  mampu  menerapkan   metode   desain   yang   sesuai   sehingga   mampu   menghasilkan   karya   desain   komunikasi  visual  yang  inovatif,  kreatif,  estetik  dan  dapat  dipertanggungjawabkan  secara
  4. Mampu menerapkan etika keprofesian bidang desain komunikasi visual dalam melaksanakan tugasnya secara mandiri ataupun bekerja di instansi/lembaga terkait yang membutuhkannya.
  5. Mengembangkan kemampuan   ketrampilan   secara   manual   maupun   dukungan   teknologi   terintegrasi  sebagai  penunjang  kompetensi  diri  pada  bidang  desain  komunikasi  visual  yang
  6. Memiliki pengetahuan  bidang  desain  komunikasi  visual,  kreativitas  dan  ketrampilan  manual  maupun    Memiliki  kompetensi  pendukung  berupa  kemampuan  bekerjasama  dan  berorganisasi dan mampu berwirausaha secara mandiri. Memiliki komptensi soft skill berupa  kemampuan  berkomunikasi  dan  mengemukakan  pendapat  hingga  mampu  berpikir  secara  analisis dan kritis.

Selengkapnya website resmi Desain Komunikasi Visual ITSNU Pasuruan.