Kabar Pengawas Pemilu (KAWAL) – Seperti yang sudah diketahui bahwa pada tanggal 9 Desember 2020 ITSNU Pasuruan sudah ikut berpartisipasi dalam proses pengawalan pemilu kemarin. Rektor ITSNU Pasuruan, Bapak Abu Amar Bustomi, M.Si mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu Kabupaten Pasuruan atas kesempatan yang telah diberikan untuk kerja sama dalam Pengembangan Pengawasan Partisipatif BAWASLU MENGAJAR “Mencetak Kader Pengawasan Mahasiswa Bawaslu (KAWAN MABA)”.

Melalui podcast KAWAL dengan host Hari Moerti selaku Komisioner Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Rektor ITSNU Pasuruan menjelaskan tentang peran kampus dalam pengawas partisipatif yang menjadi program Bawaslu. Diantaranya yaitu mahasiswa harus melakukan explorasi berupa pengalaman apa yang ada pada kenyataan di lapangan, seperti research tentang demokrasi karena pembelajaran saja belum cukup ketika diterjunkan kepada masyarakat. Dengan ikut berpartisipasi dalam proses demokrasi, mahasiswa dapat memiliki pandangan pengawas partisipatif dengan baik.

Harapannya dengan pelatihan yang sudah dilaksanakan dapat ditindaklanjuti dengan adanya unit kegiatan mahasiswa yang konsen untuk berpartisipasi dan pengembangan kader pengawasan pemilu.