SONY DSC

Pasuruankab.go.id, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Prof Mohamad Nasir berkunjung ke Kabupaten Pasuruan, Sabtu (03/02/2018).

Kunjungannya tak lain dalam rangka menyerahkan Surat Keputusan Ijin Pendirian Institus Teknologi dan Sains Nahdhatul Ulama (ITS NU) Pasuruan kepada Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Imron Mutamakkin, di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti Pemkab Pasuruan.

Penyerahan tersebut disaksikan Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar, Ketua DPRD Propinsi Jawa Timur, Halim Iskandar, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Nasir mendukung penuh keberadaan ITS NU Pasuruan, utamanya dalam mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan.

“Indonesia saat ini sangat kekurangan akan ahli Teknologi Informasi. Maka dari itu, saya dukung adanya ITS NU Pasuruan ini,” katanya.

Ditambahkan Nasir, pihaknya saat ini tengah memperbanyak jurusan perkuliahan di bidang Sains dan Teknologi dan mengurangi jurusan di bidang sosial kemasyarakatan. Alasannya tak lain agar tercipta ilmuwan dan teknokrat baru dengan jumlah yang lebih banyak.

“Sekarang ini jamannya sudah harus online, sedikit-sedikit sudah teknologi. Maka dari itu kita mulai menggeser perkuliahan sosial dengan perkuliahan teknologi. Artinya kita perbanyak fakultas sains dan teknologi sehingga kita berharap akan bermunculan teknokrat dan ilmuwan hebat dari negeri kita sendiri,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf menegaskan bahwa dengan adanya ITS NU Pasuruan, para lulusan SMA/SMK di Kabupaten Pasuruan bisa melanjutkan pendidikan perkuliahan di tempat tersebut. Apalagi Kementerian juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga tidak mampu.

“Minimal nanti banyak anak-anak Kabupaten Pasuruan yang berprestasi dan bisa jadi pengajar di ITS NU. Ini artinya adalah membangkitkan gairah pendidikan di Kabupaten Pasuruan, apalagi Institut ini juga mengedepankan sains dan teknologi, siapa tahu banyak anak-anak Kabupaten Pasuruan yang memberikan kontribusi banyak di bidnag perteknologian nasional, atau bahkan mancanegara,” ucap Irsyad, sesaat setelah acara selesai dilakukan.

Di sisi lain, Rektor ITS NU Pasuruan, Abu Amar Bustomi menambahkan, Kampus Induk ITS NU Pasuruan berada di kawasan Graha PCNU Kabupaten Pasuruan yang berlokasi di Jl Raya Warungdowo. Sedangkan kampus lainnya berada di 4 lokasi, yakni di Tamanan, Warungdowo, Kraton dan Pasrepan.

“Ke depan, target kita akan menjadi Universitas Nahdhatul Ulama, Insya Allah dalam 3 sampai 4 tahun, kita akan terus memperjuangkan dari Institut menjadi Universitas,” akunya. (emil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *